Monday, October 12, 2009

"Daddy, you can let go now.."

Saya baru saja melihat tayangan video yang di-posting seseorang di akun FB-nya. Judulnya “Daddy, you can let go now”. Selesai melihat keseluruhan tayangan dengan koneksi yang lambat dan saya biarkan dulu terloading semua baru replay, saya terharu. Sangat.

Saya pikir setiap anak perempuan pasti sangat ingin disayang sama papanya.

Beberapa hari lalu saya juga melihat tayangan reality show mencari jodoh yang menampilkan satu peserta perempuan. Dia bilang kangen banget sama papanya. Rupanya si papa pergi ninggalin dia sejak umur 6 tahun. Dia berharap lewat tayangan ini papanya ngeliat dia yang sekarang sudah dewasa dan mau ketemu sama dia, walau cuma sekali. Dia pun menangis.

Saya jadi ingat dengan keponakan perempuan yang baru berumur 5 tahun. Setiap kali ada baju baru, dan papanya pulang. Tidak berapa lama dia berganti pakaian dan lari ke papanya sambil bilang, “Daddy, daddy, aku cantik nggak?” (anak perempuan selalu ingin dibilang cantik, terutama sama papanya lho! Ingat itu!). Papanya cukup bilang, "Cantik!" dan dia puas, lebih dari sekedar puas. (Semudah itu membuat puas anak kecil... :) )

Pelajaran buat para ayah yang memiliki anak perempuan, perlakukanlah si anak sesuai “nature” perempuan yang perasaannya halus alias sangat perasa.
Mungkin Firman Tuhan tentang “hai bapa-bapa jangan sakiti hati anakmu” ditujukan terutama untuk para ayah kepada anak perempuannya.

Kata-kata kasar, perlakuan kasar, tidak peduli/cuek, adalah hal yang dikategorikan “melukai/menyakiti” hati anak-anak. Jangan lakukan itu.

Dan jangan pernah merendahkan anak-anak perempuan yang Tuhan percayakan kepada para ayah karena harga diri, rasa percaya diri anak perempuan, didapat dari seorang figur ayah yang baik….

(Dari berbagai sumber, image: gettyimages.com)

No comments: